Minggu, 21 Juni 2015

Memori Otot Drummer

-Muscle Memory-

Bukan hanya otak yang memiliki memory, tetapi juga otot. Sama seperti menghafal suatu materi, gerakan berulang yang sering dilakukan akan terekam oleh otot dan menjadi kebiasaan. Apapun gerakannya dan seberapa banyak gerakannya.

Berapa GB kah jumlah memory pada otot? Ya sudah pasti gak bisa dimeasure dgn hitungan Byte. Yang pasti slight atau bahkan big movement yang kita lakukan sekarang ini adalah buah hasil rekaman otot. Seperti cara jalan, gaya penulisan, gaya tanda tangan, cara kerja bahkan hingga lafal pembicaraan (muscle memory lidah, mulut & bibir)

Muscle memory bagi musisi? Musisi justru pengguna "jasa" muscle memory paling banyak. Apalagi drummer yang di mana gerakannya lebih menyeluruh keseluruh bagian limbs, joint dan jari.

Apa arti muscle memory bagi musisi? Sudah jelas, tanpa melakukan gerakan yang berulang (let's say) LATIHAN, maka adalah tidak mungkin untuk bisa menguasai suatu materi, pola dan kecepatan dengan baik. Digerakan aja jarang, bagaimana otot bisa merekamnya?

Gerakan berulang alias LATIHAN adalah proses rekaman otot pada suatu gerakan atau kombinasi gerakan. Dan 'proses rekaman' itu butuh waktu, butuh ketelatenan, butuh kegigihan, butuh semangat/passion.

Sayangnya banyak orang yg ingin cepat bisa tapi instant. Waw, gimana cara? Yang katanya yg instant cuma Mie Instant aja gak sepenuhnya benar. Mie Instant aja butuh skill utk memasak, timing memasak, jumlah air dll. Perlu modal panci dan kompor pula. Jadi apa yang instant? Gak ada. Apalagi yang namanya latihan, gak mungkin instant. Selain tidak instant, butuh effort lainnya seperti biaya dan alat.

Nah, latihan rutin aja tidak cukup. Bahkan latihan yang salah bisa jadi berbahaya dan berpotensi ngawur. Kenapa bahaya dan atau ngawur? Karena bila diri sendiri aja tidak tahu apa yang dilatih itu benar atau tidak, apalagi otot?

Let's say Anda melatih pola paradiddle hingga bertahun2, tetapi... ternyata gerakannya salah. Suaranya lucu dan berantakan. Nah, kejadian seperti ini yang akan sulit dibenahi. Bukan berarti tidak bisa, semua pasti bisa asalkan pola pikir direset ulang agar lebih terbuka dan siap menerima pencerahan  baru.

Bagaimana muscle memory terbentuk? Ini step by step prosesnya:

1. Musisi menerima suatu materi.

2. Materi dimengerti oleh otak.

3. Otak merubah sinyal neuron menjadi gerakan.

4. Sinyal neuron terus-menerus "menuntun" otot untuk bergerak.

5. Ketika otot sudah terbiasa, otak hanya memberikan sinyal besar sekali kepada otot untuk membuat menghasilkan gerakan kemudian dijaga oleh sinyal neuron halus.

6. Ketika suatu limbs sudah terbiasa dan tidak perlu control sepenuhnya dari signal neuron, maka signal neuron bisa didistribusikan kepada bagian tubuh lain sembari menjaga asupan sinyal neuron halus ke bagian tubuh tadi. Dan bahkan bisa dilakukan seterusnya kepada tiap bagian tubuh lainnya.

Nah, seperti ini juga yang biasa para Drummer Ostinato lakukan. Satu-persatu melatih bagian tubuh, kemudian mengontrolnya semua secara bersamaan.

Lama kelamaan Anda bisa melakukan semua gerakan yang super kompleks sambil mengobrol.

So jelas sekarang? Jangan harap bisa tanpa proses rekaman otot alias LATIHAN.

Dan pastikan apa yang Anda latih adalah benar atau Anda akan bermain salah selamanya.

-DennyAJD

(Disadur dari Jurnal Ilmiah "Memory Otot Musisi" oleh Denny AJD"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar